Selasa, Juni 24, 2008

Bagaimana Memilih Perguruan Tinggi


Bagaimana saya harus memilih Perguruan Tinggi ????



Minat
Kamu harus tahu minat kamu untuk melanjutkan kemana, hal itu bisa menjadi pemicu kamu untuk berusaha masuk ke PT atau program studi pilihanmu.

Prospek
Sudah tidak asing lagi di Indonesia ini kalau banyak sarjana pengangguran. Agar kamu tidak masuk dalam kategori tersebut sebaiknya lihat prospek jurusan atau program studi yang akan kamu masuki. Caranya bisa mencari informasi lewat teman,guru atau bahkan membuka situs di internet tentang perguruan tinggi yang menjadi pilihanmu.

Biaya
Banyak biaya yang tak terduga yang harus kamu keluarkan pada saat kuliah. Tidak seperti pada saat masih SMU, apalagi sekarang ini banyak perguruan tinggi yang berstatus BHMN, artinya semua aktivitas akademis ditanggung semua oleh PTN yang bersangkutan sehingga secara otomatis biaya pendidikan secara keseluruhan dibebankan kepada mahasiswa. Oleh karenanya pertimbangan biaya ini juga merupakan salah satu factor yang penting. Namun tidak usah khawatir, persoalan biaya bukan merupakan alasan utama untuk tidak masuk PT yang kamu inginkan karena nantinya banyak sekali beasiswa pendidikan yang ditawarkan ke mahasiswa, apalagi jika kamu berprestasi.

Reputasi
Pertimbangan reputasi bisa kamu jadikan dasar dalam memilih perguruan tinggi. Reputasi perguruan tinggi di kalangan akademis biasanya tergantung dari kualitas lulusannya, metode pengajarannya, dosen-dosen pembimbingnya dsb.

Status Akreditasi
Status akreditasi, mungkin masih asing terdengar bagi kamu, apalagi yang masih mau menempuh Perguruan Tinggi. Dulunya status ini sering disebut dengan disamakan, diakui ataupun terdaftar. Status akreditasi ini merupakan status yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional yang merupakan penilaian terhadap kemandirian ataupun kemajuan terhadap program study atau jurusan yang bersangkutan. Nah, status akreditasi ini bisa dijadikan pedoman bagi kamu untuk memilih jurusan yang berkualitas. Informasi ini biasanya tersedia di website resmi PT atau jurusan yang bersangkutan.

Fasilitas Pendidikan
Tentunya fasilitas pendidikan merupakan faktor yang dominan dalam keberhasilan kamu menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Ketersediaan laboratorium, perpustakaan, maupun fasilitas penunjang lain patut menjadi pertimbangan kamu.

Itulah sedikit tips yang bisa menjadi modal kamu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana, jangan ragu dan jangan sia-siakan masa muda kamu. Setiap ada niat yang kuat pasti ada jalan yang terbuka. Semoga sukses dalam meraih cita-citamu.

Oleh : Irfan Bahtiar R.

Album Kenangan